Pemilihan Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Guru Luar Biasa Berprestasi Kota Surakarta Tahun 2013

Wakil Walikota Surakarta H. Achmad Purnomo membuka secara resmi dan memberikan pengarahan kepada para Guru dalam Acara Seleksi Pemilhan Guru, Pengawas Sekolah dan Guru Pengajar Luar Biasa Berprestasi tahun 2018 di SMP Negeri 8 Surakarta, Rabu (15/5). Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabad dalam rangka mncerdaskan kehidupan bangsa. Sejalan dengan itu, didalam Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dimana pasal 36 ayat (1) bahwa guru yang berprestasi, berdedikasi luar biasa dan atau  bertugas didaerah khusus berhak memperoleh penghargaan dan Peraturan Pemerintah RI nomor 74 tahun 2008, pada pasal 30 ayat (1) bahwa guru memiliki hak untuk mendapatkan penghargaan sesuai dengan prestai kerja, dedikasi luar biasa, dan / atau bertugas di daerah khusus. 3. Panduan pemilihan Guru/ks/pengawas sekolah berprestasi dan Guru PLB berdedikasi tahun 2013 dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Sedangkan maksud dan tujuan pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah antara lain,1. termotivasinya guru, kepala sekolah dan pengawas dalam rangka meningkatkan kinerja, disiplin, dedikasi dan loyalitas untuk kepentingan masa depan bangsa dan Negara, 2. menumbuhkan kreativitas, inovasi bagi guru, kepala sekolah dan pengawas dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, 3. Meningkatkan harkat dan martabat citra dan profesionalisme bagi guru, kepala dan pengawas sekolah., maka dari itu dalam rangka mencapai maksud dan tujuan tersebut diatas maka jenis mata uji pemilihan nya adalah kompetisi Pedagogik, Profesionalisme, Kepribadian, Sosial dan bagi kepala dan pengawas sekolah ditambah manajerial dan supervisor, semuanya itu akan diujikan dalam bentuk tes tertulis, Best practice, penelitian Tindakan Kelas, pengembangan diri dan pembimbingan

Peserta yang mengikuti pemilihan pada tahun 2013 terdiri dari Guru TK sebanyak 15 Orang, Guru SD 15 Orang, Guru SMP 30 Orang, Guru SMA 14 Orang, Guru SMK 8 Orang, Guru PLB 5 Orang, Kepala Sekolah TK 15 Orang, SD 15 Orang, SMP 15 Orang, SMK 3 Orang, sedangkan untuk Kepala Sekolah SMA, Pengawas SD, Pengawas SMP langsung mengirimkan ke tingkat Provinsi tidak melalui seleksi dikarenakan sulit memilih yang memenuhi kriteria dan persyaratan.

Melalui pemilihan guru, kepala sekolah, pengawas sekolah berprestasi dan guru PLB yang berdedikasi diharapkan akan dapat meningkatkan komitmennya dalam pengembangan profesionalisme guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah untuk mewujutkan pendidikan yang bermutu.

Kegiatan ini juga untuk membangun komitmen mutu guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dan peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran secara lebih merata serta memilih guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah berprestasi dan guru PLB yang berdedikasi ditingkat kota Surakarta untuk maju maju ketingkat provinsi nasional.(bs)


Share/Save

Konten Terkait

Info Kota | Indeks Berita